8 TIPS LOLOS TES CPNS, LAKUKAN INI

Sudah bukan rahasia lagi, setiap tahun pasti pendaftaran CPNS selalu dibanjiri oleh peserta. Apalagi di tahun ini, pasti akan lebih membludak dari 2019, apalagi karena 2020 tidak ada seleksi CPNS. Jadi semua yang sudah menunggu-nunggu untuk tes CPNS akan mendaftar di tahun ini.

Nah, kalau sudah begitu, tentu kamu harus punya cara ampuh yang membuat kamu bisa lolos CPNS 2021. Berikut ini tips lolos CPNS 2021 yang bisa Dik Lulus coba terapkan.


1. Rencanakan jadwal belajarmu

Tips lolos CPNS 2021 pertama yang perlu Dik Lulus lakukan adalah merencanakan jadwal belajar untuk bisa mengasah soal-soal ujian SKD. Luangkanlah waktu belajar secara intensif yang bisa kamu gunakan untuk berlatih soal, mempelajari kisi-kisi, membaca berbagai materi. 

2. Rajin latihan soal-soal tes

Seperti kata pepatah “practice makes perfect” nah begitu juga saat kamu ingin lolos seleksi CPNS di tahun ini. Rajinlah melatih diri dengan mengerjakan soal-soal tes untuk mempersiapkan diri dari jauh-jauh hari. 

Seperti yang kita tahu, di CPNS kamu akan dua kali melalui tes, pertama tes SKD (Seleksi Kemampuan Dasar) dan SKB (Seleksi Kemampuan Bidang).

Sekarang, tidak sulit buat menemukan contoh soal CPNS. Kamu bisa berlatih soal-soal CPNS, bisa melalui soal yang kamu temukan di internet, melalui buku soal, atau juga aplikasi yang menyediakan soal CPNS.

3. Mengenali dan mempelajari kisi-kisi dan materi CPNS

Jangan sampai kamu mengabaikan hal yang satu ini dari tips lolos CPNS 2021! Cobalah untuk mencari tahu seperti apa kisis-kisi dan materi CPNS di tahun lalu. 
Kamu bisa menemukan kisi-kisi tersebut dalam buku atau juga aplikasi yang dapat menjadi pedoman untuk belajar tes CPNS.

4. Selalu update informasi mengenai CPNS

Walau BKN sudah mengumumkan detail untuk pendaftaran CPNS di tahun ini, jangan sampai kamu tidak lagi memperbarui informasi seputar CPNS. Bukan tidak mungkin ada perubahan ketentuan, perubahan tanggal. Atau juga bisa jadi BKN memberikan kisi-kisi mengenai tes seleksi. 
Untuk itu, jangan lupa terus memperbarui informasi mengenai CPNS!

5. Persiapkan dokumen yang diperlukan

Pastikan kamu sudah menyiapkan seluruh kebutuhan dokumen untuk pendaftaran dengan lengkap. Jangan lupa, pastikan lagi apakah semua dokumen tersebut valid dan tepat sesuai persyaratan yang ditetapkan oleh instansi dan formasi yang dibuka.

6. Pahami lokasi tes

Tips lolos CPNS 2021 selanjutnya, datanglah lebih awal ke lokasi tes. Ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti terjebak macet, tersesat menuju lokasi, dan lainnya.
Datang lebih awal juga membantu kamu untuk lebih tenang.

7. Teliti dan memperhatikan waktu

Saat mengerjakan soal-soal SKD dan SKB, kamu harus lebih teliti. Sebab, akan banyak soal-soal tes yang menjebak, dengan jawaban yang mirip-mirip. Dengan teliti, kamu juga bisa menjawab soal dengan cepat dan tepat.

Perlu kamu ketahui juga, dalam tes CPNS nanti, memperhatikan waktu adalah hal yang penting. Jangan sampai kamu membuang banyak waktu hanya untuk mengerjakan satu soal. Kerjakan terlebih dahulu soal yang menurut kamu mudah, seperti soal yang sifatnya hafalan. Tentunya jenis soal ini tidak akan memakan banyak waktu dibanding soal logika atau hitungan. 
Soal SKD terdiri dari 35 soal TWK, 30 soal TIU, dan 35 soal TKP.

Beruntungnya, dalam sistem CAT, kamu bisa menandai soal yang kamu kira ragu jawabannya benar atau salahnya. Jadi, jika kamu masih ada waktu tersisa, kamu bisa cek ulang beberapa soal yang masih ragu. 

Selanjutnya, kamu bisa mengerjakan soal-soal TKP dahulu. Soal-soal TKP ini berisikan pertanyaan seputar dirimu, dan tentunya tidak akan memakan banyak waktu. Tidak ada jawaban yang benar atau salah, hanya ada nilai paling tinggi dan paling rendah. 

8. Berdoa

nah ini yang paling penting sobatt.. jangan lupa berdoa yah
sudah usaha, namun ikhtiar gak boleh lupa dong ...


SEMANGAT :)

oleh Developer
Senin, 23 Agustus 2021, 14:36:32
Stockholm-icons / Navigation / Up-2 Created with Sketch.